9 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan

Advertisement

Cempedak merupakan tanaman buah-buahan yang berasal dari famili Moraceae. Bentuk buah, rasa dan wanginya bisa dikatakan sama dengan nangka, walau aromanya sering kali menusuk kuat menyerupai buah durian.

9 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan


Tanaman ini berasal dari Asia Tenggara, dan menyebar luas dari mulai lokasi Tenasserim di Burma, Semenanjung Malaya termasuk juga Thailand, dan beberapa Kepulauan Nusantara : Sumatra, Borneo, Sulawesi, Maluku sampai ke Papua. Juga banyak dijumpai di Jawa bagian barat.

Di kenal dengan cara luas juga sebagai cempedak atau campedak (Ingg. : chempedak), buah ini juga mempunyai sebagian nama lokal seperti bangkong (bentuk liar, Malaysia), baroh (Kep. Lingga dan Johor), nangka beurit (Sunda), nongko cino (Jawa) dan sebagainya.

Daging buahnya kaya zat gizi, terutama vitamin A. Kulit dan bijinya juga bisa dikonsumsi, kulit batangnya juga sebagai antitumor dan antimalaria.

Dibanding dengan buah nangka, harga buah cempedak lebih mahal. Kesenangan buah ini memanglah tidak bisa digantikan oleh nangka. Tetapi, dipandang dari komposisi gizinya, ia tak kalah dari nangka. Berikut ini manfaat buah cempedak untuk kesehatan :


  • Daging buah biasanya dimakan dalam keadaan segar. Namun, ada pula yang menggorengnya seperti pisang atau mengolahnya menjadi kolak dengan menambahkan santan dan gula. Buah ini enak bila sudah matang.
  • Terdapat beberapa parasit yang di dalam badan kita bisa berkeliaran yang bisa mengganggu kemampuan organ di dalam badan kita. Selain itu parasit-parasit dapat juga memyebabkan sebagian penyakit yang tak bisa kia sangka. Kandungan di dalam buah cempedak dapat juga mengusir parasit-parasit yang ada di dalam badan.
  • Kulit cempedak juga sering dikonsumsi oleh masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan, yang dikenal dengan nama mandai. Sebelum diolah, masyarakat setempat mengupas bagian luar kulit sehingga tampak putih, kemudian membersihkannya.
  • Bagi pakar kesehatan buah cempedak dapat juga menolong kita dalam meredakan atau mengobati penyakit tumor. Tetapi hingga saat ini belum ada hal yang bisa meyakinkan hal itu. Bila kita saksikan dari kandungan yang ada dialamnya sebagaimana bioflavanoid, ada kemungkinan memanglah bisa menolong meredakan penyakit tumor.
  • Setelah itu kulit direndam lebih dulu di dalam air garam selama 2-3 hari, hingga menjadi lunak dan mengalami fermentasi, baru kemudian digoreng. Mandai goreng ini menyerupai pisang goreng, meski ketika digigit rasanya seperti menggigit guratan daging, sehingga menciptakan cita rasa gurih yang khas.
  • Selain kandungan bioflavanoid ada pula kandungan enzim yang bisa sharing vitamin dalam buah cmpedak. konsumsilah buah cempedak dengan cara alami (makan dengan mentah atau tak di proses) disebutkan bisa dapat menolong meredakan sakit malaria.
  • Daun muda cempedak juga banyak digunakan sebagai sayuran. Biji buahnya enak disantap setelah diolah, digoreng, atau direbus seperti biji nangka. Di Malaysia, akarnya digunakan sebagai campuran jamu tradisional untuk perempuan yang baru melahirkan.
  • Cempedak membantu menyehatkan mata, mengingat kandungan vitamin A-nya cukup tinggi, yaitu sekitar 200 SI per 100 gram. Vitamin A berperan dalam menjaga agar kornea mata agar selalu sehat.
  • Mengandung vitamin C yang lebih tinggi daripada nangka, dan mengandung serat pangan (dietry fiber) yang cukup tinggi untuk membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menekan angka kolesterol dalam darah. 

Advertisement
Description: 9 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan, Rating: 4.5, Reviewer: Buruan Gerak, ItemReviewed: 9 Manfaat Buah Cempedak Untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Buruan Gerak
Hari: Senin, Desember 14, 2015 Kategori: