7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement

Buah yang satu ini selalu diketahui banyak orang sebagai buah-buahan yang mempunyai warna merah, yah walaupun tidak semua buah apel berwarna merah. Baik rasa maupun bentuknya sudah tidak asing lagi bagi kita, dan cara menemukannyapun gampang-gampang saja. Bukan hanya rasanya yang enak yang patut kita ketahui, namun sisi manfaatnya pun perlu kita ketahui, karena buah apel ternyata banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu cobalah kita makan teratur apel ini setiap hari.
Cara meghaluskan Kulit

Manfaat Buah Apel


Menjaga kesehatan gigi
Jka kita rutin memberikan asupan buah apel ada tubuh kita secara teratur, kandungan buah apel mampu merangsang produksi air liur di mulut kita. Dengan adanya rangsangan tersebut kita dapat mencegah terjadinya pengeroposan pada gigi, sehingga anda dapat menikmati makanan anda dengan gigi yang sehat.

Mencegah serangan kanker pada tubuh
Bukan hanya gigi yang bisa sehat karena mengkonsumsi apel, tetapi juga mampu mencegah adanya serangan kanker pada tubuh kita, kenapa demikian? hal tersebut disebabkan adanya kandungan flavonoid yang berfungsi untuk menangkal berbagai jenis serangan kanker yang sewaktu-waktu dapat menyerang tubuh Anda.

Mencegah Deshidrasi
Berolahraga berat atau melakukan kegiatan lain yang mampu menguras semua cairan yang ada pada tubuh kita bisa diatasi dengan memakan buah apel. Sebab, 5% kandungan buah apel terdiri dari air. Dengan mengkonsumsi apel, Anda dapat terhindar dari dehidrasi.

Mencegah serangan jantung
Manfaat buah apel lainnya diantaranya untuk mencegah penyakit jantung. Penyakit jantung memang menjadi momok yang paling ditakuti banyak orang, penyakit jantung terjadi dan mengganggu sistem pembuluh darah, lebih tepatnya menyerang jantung dan urat-urat darah. Seseorang yang terkena serangan ini akan mengalami sock jantung dan mengakibatkan berhentinya aliran darah. ahkan jika tidak segera erobati dapat berakibat fatal dan mengakibatkan kematian.

Dengan rutin memakan apel setiap harinya, bisa mengurangi resiko tubuh kita terserang penyakit jantung. Hal ini dinuktikan lewat penelitian yang dilakukan oleh Chohort Studies di Amerika dan Eropa dalam kurun 6-10 tahun. Inti dari penelititan tsb menghasilkan kesimpulan bahwa dengan mengkonsumsi 10 gram serat kasar apel setiap hari, mampu menurunkan resiko serangan jantung koroner hingga 14%.

Zat Kuersetin untuk mencegah radikal bebas
Kuersetin adalah salah satu zat aktif kelas flavonoid yang secara biologis amat kuat. Bila vitamin C mempunyai aktivitas antioksidan 1, maka kuersetin memiliki aktivitas antioksidan 4,7.

Dari penelitian Dr Barbara Butland dari The Medical School of St. George’s Hospital, London, Inggris, membuktikan Laki-laki yang memiliki kebiasaan makan apel minimal lima buah per minggu ternyata mempunyai fungsi paru-paru lebih baik daripada yang tidak memiliki kebiasaan itu. Mengonsumsi apel lima buah per minggu dapat meningkatkan kapasitas paru-paru sebanyak 138 mililiter.

Mengobati diare
Apel mengandung kaolin, pectin dan kalium yang berfungsi memadatkan feses. Kandungan tersebut bisa melancarkan sistem pencernaan lebih baik, sehingga bisa mengobati diare ataupun sembelit.

Untuk kulit tetap awet muda dan meningkatkan kekebalan tubuh
Sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa quercetin memiliki sifat neurotoksin in vitro sehingga membantu melawan penyakit saraf.
Karena kemampuannya melawan radikal bebas, quercetin memiliki manfaat pula untuk menjaga kulit tetap awet muda.
Quercetin juga dikenal mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan stamina sehingga dipandang sebagai suplemen nutrisi penting bagi para atle

Jika Anda mengonsumsi apel, lebih baik jika Anda mengonsumsi apel beserta kulitnya, karena nutrisi yang terdapat dalam apel paling banyak terdapat tepat di bawah lapisan kulit apel. Oleh sebab itu, pastikan jika apel Anda dibersihkan dengan baik, karena kulit luar dari apel paling rentan terkontaminasi bahan kimia dalam proses pertumbuhannya. Maka akan lebih baik jika Anda memakan apel yang ditumbuhkan secara organik tanpa campur tangan bahan kimia.

Advertisement
Description: 7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh, Rating: 4.5, Reviewer: DADANG HERDIANA, ItemReviewed: 7 Manfaat Buah Apel untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis Oleh : DADANG HERDIANA
Hari: Rabu, Maret 25, 2015 Kategori: