14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Advertisement

Buah Duku nyatanya mengandung banyak manfaat yg tidak kita ketahui. Dari mulai buahnya yang dapat di proses jadi obat tradisional, kayunya untuk bahan bangunan dan furniture, terus ternyata buah duku sangatlah enak bila diolah jadi camilan yang sehat, seperti selai dan puding duku.

Buah duku (Lansium Domesticum Corr) sekarang ini telah mulai menyebar luas di belahan benua Asia, yaitu khususnya Asia Tenggara (dari semenanjung Thailand s/d ujung ujung Timur Kalimantan).

14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan


Jenis duku yang banyak ditanam di Indonesia yaitu type duku unggul seperti duku komering (Palembang), duku metesih dan duku condet.

Buah duku bisa tumbuh subur di daerah beriklim basah dengan curah hujan tinggi. Buah duku mentah berwarna hijau, bergetah dan citarasanya sangatlah asam. Bersamaan matangnya buah, kulit bakal berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis.

Buah ini enak di makan langsung, kulit buahnya bisa dipakai untuk mengusir nyamuk lewat cara dibakar. Diluar itu, kulit juga dapat dipakai untuk penyembuhan diare, kulit batangnya dan bijinya dipakai untuk obat malaria. Perasan biji duku mempunyai khasiat obat, terlebih untuk orang-orang Malaysia biasa memakai untuk obat sakit kepala.

Kandungan Buah Duku


Berasal dari jenis buah Meliaceae, khasiat buah duku sangatlah besar bagi kesehatan dan kecantikan. Khasiat tersebut tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. dalam 100 gram buah duku terdapat kandungan nutrisi:

-Kalori sebesar 7 kkal
-Zat besi sebesar 0.9 mg
-Protein sebesar 1.0 gram
-Karbohidrat sebesar 13 gram
-Lemak sebesar 0,2 gram
-Mineral alami sekitar 0,7 gram dan masih banyak lagi.

Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Sebagai Obat Cacingan
menurunkan demam panas, serta membantu mengurangi diare.
Caranya : ambil Biji buah duku, kemudian tumbuk sampai halus kemudian dicampur dengan sedikit air. Minum secukupnya sesuai kebutuhan. setelah itu kita minum, satu kali sehari, sekali minun seperempat gelas.

Sumber antioksidan cukup tinggi
Seperti yang telah saya ungkapkan diatas tadi, buah duku mengandung vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri merupakan sebuah senyawa yang berguna untuk menangkal radikal bebas penyebab munculnya kerusakan pada jaringan ataupun sel-sel kulit.

Dampak buruk radikal bebas sangatlah penting untuk diperhatikan, sebab radikal bebas bisa menjadi pemicu munculnya kanker dan penyakit berbahaya dalam tubuh Anda. Adapun radikal bebas yang dapat dicegah dengan antioksidan tersebut antara lain seperti radikal bebas sinar UV, polusi udara, gelombang, radiasi, dan masih banyak lagi.

Menguatkan gigi
Manfaat buah duku bagi gigi cukup besar, dipercaya kandungan fosfor dalam buah duku akan mampu menguatkan gigi dan mencegah keropos ataupun gigi berlubang. Bahkan beberapa ahli juga mengungkapkan konsumsi buah duku secara rutin, akan membuat pertumbuhan gigi baru lebih cepat.

Akan tetapi khasiat buah duku bagi gigi ini tidak akan bekerja secara maksimal, apabila tidak Anda dukung dengan perawatan gigi secara rutin. Terutama perawatan mengenai kebersihan gigi tersebut.

Menjaga kesehatan gusi
Manfaat duku yang mengandung vitamin C tidak hanya bertindak sebagai antioksidan saja, tetapi lebih dari itu kandungan vitamin C juga baik untuk merawat kesehatan gusi dan mencegah munculnya sariawan.

Bisa dikatakan manfaat buah duku satu ini hampir mirip dengan manfaat buah jeruk nipis “si ratuvitamin C” yang telah saya bahas kemarin. Maka dari itu, jika Anda mengalami gusi bengkak ataupun sariawan, konsumsi saja buah duku secara rutin setiap harinya.

Meningkatkan sistem imun
Sistem imun sangatlah penting dalam tubuh Anda, sebab tanpa adanya sistem imun tubuh Anda akan sangat mudah sekali terserang penyakit. Sebab sistem imun sendiri merupakan sistem kekebalan tubuh terhadap serangan berbagai jenis penyakit.

Untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, banyak sekali ahli menyarankan agar kita selalu mencukupi kebutuhan asupan vitamin, khusunya vitamin C dan E. nah untuk mencukupi kebutuhan vitamin tersebut ada baiknya Anda mengonsumsi buah duku secara rutin.

Baik untuk program diet
Siapa sangka dibalik rasanya yang cukup manis, buah duku mengandung kalori cukup rendah dan protein lumayan tinggi. Sehingga manfaat buah duku bagi diat sangatlah besar.

Selain itu, para ahli juga menyimpulkan kandungan senyawa mineral pada buah duku akan mampu meningkatkan produksi carnitine. Senyawa carnitine inilah yang mampu mengarahkan lemak jahat kedalam sistem metabolisme pembakaran energi di dalam tubuh Anda.

Dengan demikian, mengonsumsi buah duku secara rutin akan membuat berat badan Anda semakin turun, sebab carnitine mampu membakar lemak dalam tubuh secara optimal.

Melancarkan sistem pencernaan
Manfaat buah duku selanjutnya adalah mampu melancarkan sistem pencernaan. Khasiat duku satu ini muncul disebabkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Bahkan para ahli mengungkapkan kandungan serat dalam buah duku hampir sama besarnya dengan kandungan serat pada buah pepaya.

Tidak hanya kandungan serat saja yang menjadikan manfaat buah duku bagi pencernaan itu besar, tetapi kandungan mineral alami dan zat besi dalam buah satu ini dipercaya juga mampu mencegah kanker bagian organ sistem pencernaan Anda.

Mengendalikan kadar kolesterol jahat
Khasiat buah duku terkait dengan kolesterol juga tidak boleh kita anggap sepele. Dengan kandungan kolesterol baik yang tinggi, mengonsumsi buah duku secara rutin akan sangat berkhasiat untuk mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda secara maksimal.

Selain itu, dengan mengonsumsi buah duku secara rutin. dipercaya kandungan kolesterol baik tersebut akan membantu Anda dalam mencegah penyakit jantung dan stroke.

Mengusir serangga
Memang manfaat buah duku sangatlah besar, akan tetapi selain buahnya Anda juga bisa mendapatkan manfaat besar dari kulitnya. Dipercaya kulit buah duku mampu mengusir segala macam serangga dan nyamuk yang ada di sekitar kita.

Caranya pun cukup mudah sekali, Anda tinggal membakar kulit buah duku kering tersebut dan meletakan pada bagian yang banyak serangga. Baunya yang khas akan membuat serangga kabur.

Menyembuhkan demam
Tidak cukup hanya daun dan buahnya, Anda masih bisa mendapatkan manfaat duku dari bijinya. Meskipun biji buah duku terasa cukup pahit, akan tetapi kandungan mineral yang ada di dalamnya disinyalir mampu mengobati demam panas pada anak.

Caranya ambil biji buah duku secukupnya, kemudianb tumbuh sampai benar-benar halus. lalu campurkan tumbukan biji tersebut dengan air dan konsumsi air hasil rendaman tersebut maksimal 1 kali sehari saja.

Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit
Manfaat buah duku tidak hanya bagi kesehatan tubuh saja, akan tetapi buah satu ini juga berkhasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

Khasiat buah duku satu ini muncul karena adanya dukungan vitamin E. menurut para ahli kesehatan, kandungan vitamin E tersebut mampu mencegah kerusakan kulit, mencegah penuaan dini, sampai menghaluskan kulit secara alami.

Mengatasi masalah jerawat
Baik buah, biji, ataupun kulit duku menurut para ahli herbalis mengandung senyawa yang bersifat sebagai antibakterial. Senyawa inilah yang mampu mengatasi jerawat akibat dari kuman ataupun bakteri pada bagian pori-pori kulit.

Dengan menggunakan masker buah duku secara rutin, maka wajah Anda secara bertahap akan terbebas dari masalah jerawat.

Menjaga kelembaban rambut secara alami
Kecantikan tidak hanya terpancar dari kulit, namun dari rambutpun kecantikan secara alami bisa muncul. Untuk merawat kecantikan rambut, Anda dapat menggunakan hair mask dari buah duku.

Dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi, buah duku berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit kepala, mencegah kerontokan, dan bahkan menutrisi kulit kepala dari dalam.

Merawat kesehatan dan kecantikan kuku
Khasiat buah duku bagi kecantikan terakhir terkait pada kuku. Beberapa wanita mengaku setelah mengoleskan air buah duku, kuku mereka nampak lebih jernih dan berkilau secara alami.

Nah bagi Anda yang ingin merawat kuku secara alami, silahkan gunakan buah duku sebagai bahan perawatan kuku tersebut. baik untuk kuku tangan ataupun kuku pada bagian kaki Anda.

Advertisement
Description: 14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan, Rating: 4.5, Reviewer: Buruan Gerak, ItemReviewed: 14 Manfaat Buah Duku Untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Buruan Gerak
Hari: Selasa, Desember 15, 2015 Kategori: