8 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Advertisement

memiliki banyak kandungan manfaat untuk menyembuhkan aneka macam penyakit seperti radang gusi, perdarahan, mempercepat penyembuhan luka, cacingan, tenggorokan kering, keputihan, batuk, suara serak maupun untuk menurunkan berat badan.

Delima yang memiliki nama latin Punica granatum L ini ialah tanaman dari famili Punicaceae yang tersebar di berbagai daerah subtropik sampai tropik.

8 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Delima berasal dari Timur Tengah, tersebar di daerah subtropik sampai tropik, dari dataran rendah sampai di bawah 1.000 m dpl. Tumbuhan ini menyukai tanah gembur yang tidak terendam air, dengan air tanah yang tidak dalam. Delima sering ditanam di kebun-kebun sebagai tanaman hias, tanaman obat, atau karena buahnya yang dapat dimakan. Di Indonesia juga banyak ditemukan Delima dengan sebutan yang beragam untuk tiap-tiap daerahnya. Di Aceh misalnya, disebut dengan Glima, di Batak dengan Dalimo, Sunda dengan Dalima, Sasak dengan Jeliman dan masih banyak lagi.

Ada banyak kandungan zat di dalam buah Delima ini seperti granatin, betulic acid, ursolic acid, elligatanin, resin, kalsium oksalat, maupun juga pati, dan di dalam kulit akar dan kulit kayunya mengandung 1% senyawa alkaloid, 20% elligatanin, metilpelletirine, pseudopelletierine, dan lainnya.

Para peneliti menemukan terdapat adanya bahan – bahan tertentu yang dapat menghambat penggerakan sel kanker dan melemahkan pengaruh protein yang diproduksi oleh tulang sumsum yang beresiko munculnya kanker prostat dan menyebar ke tulang pada jus buah delima.

Sedangkan daun tanamannya mengandung kalsium oksalat, lemak, sulfur, tanin, dan alkaloid. Delima telah banyak digunakan untuk menyembuhkan aneka macam penyakit oleh masyarakat secara tradisional. Mari kita perhatikan beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh khasiat dari Delima ini.

Kandungan Buah Delima

Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat.

1. Zat Tanin Buah Delima Bermanfaat Bagi Pencernaan

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman yang merupakan salah satu komponen astrigen dengan kemampuan mengikat dan mengendapkan protein sehingga bisa diaplikasikan dalam pengobatan perdarahan (hemostatik), ulkus peptikum (luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari), wasir dan diare dengan cara menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang.

2. Zat Kalium Buah Delima Bermanfaat Bagi Jantung

Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung.

3. Zat Antioksidan Buah Delima Bermanfaat Bagi Sel-sel Dalam Tubuh

Buah delima memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau dengan kandungan flavanoid yang berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, sekaligus memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memberikan perlindungan pada kulit. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

Manfaat Buah Delima

Melindungi otak bayi 
Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Pediatric Research menemukan bahwa meminum jus buah delima selama kehamilan membantu melindungi otak bayi yang baru lahir setelah kelahiran traumatik.

Menjauhkan Kanker
Mungkin belum banyak diketahui bahwa Delima ini dapat menyebabkan sel-sel kanker merusak dirinya atau merangsang apoptosis (proses bunuh diri sel kanker).

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa jus Delima yang tidak diberi pemanis akan memicu apoptosis sel kanker payudara, kanker kolon, dan kanker prostat dengan mengaktifkan gen dan enzim yang berfungsi dalam mengatur apoptosis pada sel-sel kanker.

Melindungi Jantung
Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus Delima sekitar 8 ons setiap hari dalam jangka 3 bulan sangat membantu dalam mengurangi kadar kolesterol jahat, meningkatkan sirkulasi darah ke jantung pada pasien jantung koroner, dan dapat menurunkan tekanan darah serta mengurangi adanya penyempitan arteri yang memasok darah ke otak.

Mencegah penyakit Alzheimer 
Buah delima mungkin mencegah dan memperlambat penyakit Alzheimer. Dalam sebuah studi, tikus yang dibiakkan untuk mengembangkan penyakit Alzheimer diberi jus buah delima. Mereka mengakumulasi plak amiloid yang lebih sedikit dan melakukan tugas-tugas mental yang lebih baik.

Mengurangi Stres
Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh Queen Margaret University Edinburgh ditemukan bahwa jus Delima dapat membantu menyingkirkan stres dan menenangkan hati.

Hal tersebut bisa terjadi karena Delima bisa mengurangi kadar kortisol atau hormon stres di dalam air liur kita sekaligus mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga sangat membantu Anda untuk lebih rileks. Cukup dengan mengonsumsi jus Delima sebanyak 2,5 gelas sehari maka Anda bisa mengurangi kadar stres.

Memerangi Kanker Payudara
Kanker payudara memang menjadi momok bagi kalangan wanita saat ini. Namun, jangan khawatir karena dengan mengonsumsi jus buah Delima secara konsisten maka akan membantu mencegah dan mengurangi beberapa tipe kanker payudara.

Dalam penelitian diketahui bahwa buah Delima mengandung phytochemicals yang disebut ellagitannin dalam jumlah yang cukup. Ellagitannin ini dapat mengurangi perkembangan sel kanker payudara yang responsif terhadap estrogen.

Cara bekerjanya ialah dengan menghambat aromatase, enzim utama yang digunakan tubuh untuk memproduksi estrogen dan memiliki peran penting pada perkembangan payudara.

Mencegah Kanker Prostat
Jus buah Delima ternyata mampu mencegah terjadinya kanker prostat sebagaimana yang telah dibuktikan oleh ilmuwan dari University of California. Ketika senyawa dalam Delima disuntikkan, maka akan terjadi adhesi atau tarik-menarik antar sel kanker.

Hal tersebut menjadi penanda bahwa sel kanker tersebut lebih sedikit memisahkan diri dan membuat mereka cenderung kurang menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Buah Delima memiliki Kontrasepsi alami 
Studi laboratorium menunjukkan bahwa kelinci percobaan (guinea pig) betina yang diberi makan buah delima tidak hamil setelah dikawinkan dengan pejantan mereka. Penelitian itu juga menunjukkan bahwa setelah 4 bulan tidak makan buah delima, kesuburan kelinci betina kembali normal seperti semula.

Advertisement
Description: 8 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan, Rating: 4.5, Reviewer: Buruan Gerak, ItemReviewed: 8 Manfaat Buah Delima Untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Buruan Gerak
Hari: Senin, Desember 14, 2015 Kategori: