7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Advertisement

Bit adalah sejenis sayuran berair yang berwarna merah. Tidak hanya bermanfaat untuk menghasilkan energi, buah bit juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatanbadan. Sayangnya, beberapa orang tak suka pada buah bit inilantaran bau dan rasanya yang langu.

7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan


Kandungan Bit

  • Asam Folat 34%, Fungsi : Menumbuhkan dan mengganti sel-sel yang rusak ,
  • Kalium 14,8%, Fungsi : Memperlancar keseimbangan cairan di dalam tubuh,
  • Serat 13,6%,
  • vitamin C 10,2%, Fungsi : Menumbuhkan jaringan dan menormalkan saluran darah,
  • Magnesium 9,8%, Fungsi : Menjaga fungsi otot dan syaraf,
  • Triptofan 1,4%,
  • Zat Besi 7,4%, Fungsi : Metabolisme energi dan sistem kekebalan tubuh,
  • Tembaga 6,5%, Fungsi : Membentuk sel darah merah,
  • Fosfor 6,5%, Fungsi : Memperkuat tulang,
  • Caumarin yang berfungsi untuk mencegah tumor, dan
  • Betasianin sebagai pencegah kanker


Dibalik rasanya yang kurang diminati orang, uniknya, buah bit asal Amerika ini kerap disangka sebagai umbi-umbian. Walau sebenarnya bukan! Yuk, kita simak manfaat buah bit untuk kesehatan di bawah ini :

1. Tidak mengandung lemak
Sayuran berair ini tidak mengandung lemak jenuh sama sekali. Bagi Anda yang sedang berdiet, buah bit bisa jadi menu sehat yang kaya nutrisi.

2. Penambah energi
Bit adalah salah satu sumber karbohidrat. Jadi, jika Anda merasa lemas dan tidak bertenaga, makanlah bit sebagai energi booster.

3. Menghancurkan sel tumor dan sel kanker.
Jus bit kaya sekali akan kandungan oksidan yang dibutuhkan oleh para pasien dengan masalah kanker. Bersama ini ada jus khusus untuk mengatasi pasien kanker:

Jus Super –Antioksidan.
wortel ukuran sedang dicincang, ½ bit ukuran sedang dicincang, 2 batang selederi lokal atau 1 batang selederi impor, 30 gram bayam dan 4 batang parsley. Semuanya dijus dan segera diminum

4. Kaya asam folat
Asam folat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi sel-sel baru, khususnya untuk ibu hamil. Wanita hamil membutuhkan suplemen yang tepat dari asam folat. Alih-alih mengonsumsi pil kaya asam folat, lebih baik makan bit.

5. Bergizi
Sayuran merah memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bit merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, betaine, kalsium, mineral, magnesium, fosfor, niacin, dan besi.

6. Jantung sehat
Bit dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Disamping itu, bit juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan betaine dalam bit bisa mengurangi konsentrasi homosistein (zat yang berkontribusi terhadap penyakit pembuluh darah perifer dan stroke). Betaine juga mengurangi timbunan lemak dari aliran darah yang menghambat aliran darah ke jantung.

7. Jus sehat
Anda mungkin dapat minum segelas jus bit setelah berolahraga di pagi hari. Jus bit dikenal sebagai pembakar kalori tubuh. Hebatnya, jus bit juga dapat mengurangi hipertensi dalam waktu satu jam.

Ini adalah beberapa manfaat dari bit. Sertakan sayuran merah lainnya dalam menu harian Anda. Olahraga teratur saja tidak cukup, tanpa didukung oleh konsumsi makanan yang sehat.

Advertisement
Description: 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan, Rating: 4.5, Reviewer: Buruan Gerak, ItemReviewed: 7 Manfaat Buah Bit Untuk Kesehatan

Ditulis Oleh : Buruan Gerak
Hari: Minggu, Desember 13, 2015 Kategori: