Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan Tubuh

Advertisement

Buah arbei atau yang juga dikenal orang-orang sebagai stroberi kebun merupakan spesies lain dalam genus stroberi (fragaria), buah ini berada dalam keluarga Rosaceae. Secara umum buah ini bukanlah buah, melainkan buah palsu, artinya daging buahnya tidak berasal dari ovari tanaman (achenium) tapi dari bagian bawah hypanthium yang berbentuk mangkok tempat ovari tanaman itu berada.

Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan Tubuh


Kandungan buah arbei :
Buah arbei memilki banyak kandungan yang bermanfaat seperti saponin, favonoida, polifenol yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Berdasarkan daftar komposisi bahan makanan, yang mencatat jika dalam 100 gr arbei terkandung energi sebanyak 37 kkal, protein 0,8 gr, lemak 0,5 mg, karbohidrat 8,3 gr, asam folat 30 mcg, kalsium 28 mg, fosfor 27 mg, Fe 0,8 mg, Vitamin A 60 SI, Vitamin B1 0,003 mg dan air 89,9 gr.

Manfaat buah arbei :
Buah arbei yang banyak tumbuh di sekitar kita nyatanya mempunyai keunggulan tersendiri yang belum kita ketahui. Keunggulan itu yaitu kandungan gizi yang baik untuk badan serta segudang faedah untuk badan manusia juga. Manfaat buah arbei  diantaranya yaitu :
Menyembuhkan Sariawan
Arbei adalah sumber vitamin serta mineral yang dapat membuahkan sumber tenaga. Sumber vitamin yang ada pada buah arbei merupakan manfaat vitamin C dengan persentase 60 mg. Jumlah ini setara dengan keperluan harian vitamin C tubuh kita, jadi penyakit yang memerlukan pengobatan seperti sariawan juga bisa terobati.

Langkahnya sendiri cukup gampang, yaitu cuma dengan konsumsi buah arbei itu sejumlah 10 gr yang sebelumnya sudah dicuci terlebih dulu.

Melawan Kanker
Kandungan karotenoid yang ada dalam buah arbei menjadi anti-oksidan, nyatanya bisa kurangi resiko penyakit kanker. Diluar itu, kandungan arbei ini dapat dapat menghambat atau mengganggu sistem yang bisa mengarah ke pembentukan beberapa sel kanker. Untuk yang konsumsi buah arbei ini, tak lagi gampang terkena kanker.

Menyembuhkan Tumor
Peneliti dari Australia temukan bahwa buah arbei langka yang ada di ujung utara negara sisi Queensland merupakan obat tumor yang dapat di kembangkan. Senyawa buah arbei ini dapat mematikan tumor kepala serta leher dan benih tumor tersebut. Senyawa itu bekerja lewat cara membunuh sel tumor secara langsung, memotong pasokan darah serta kemudian mengaktivasi system pertahanan badan yang dirusak karena tumor. Tidak ada efek samping sekalipun, malah senyawa itu bekerja lebih cepat dari yang sudah disangka sebelumnya.

Menyembuhkan Maag
Walau buah arbei mempunyai vitamin C dan terasa asam, tetapi vitamin C ini tak memberi efek samping yang membahayakan untuk lambung. Jadi, untuk siapa saja yang menanggung derita maag, bisa dengan tenang bila mengkonsumsi buah arbei ini. Langkah pemakaiannya cukup hanya memproses buah arbei itu jadi suatu jus sampai akhirnya diminum.

Melawan Penyakit Tifus
Tifus adalah salah satu penyakit yang berlangsung pada tubuh karena ada peradangan pada usus, serta ditandai dengan demam yang tinggi. Untuk menghindari penyakit ini, maka mengkonsumsi buah arbei bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan dalam melawan penyakit infeksi bakteri tifus tersebut.

Mencegah Penyakit Hati
Penyakit hati yang biasanya di kenal dengan penyakit hepatitis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus dan alkohol ataupun obat-obatan. Awalilah konsumsi buah arbei, maka penyakit gangguan hati ini dapat sukses ditangkal. Hal tersebut karena, manfaat buah arbei yang mempunyai kandungan flavonoida yang juga datang dari tumbuhan Silybum Marianum L.

Memudahkan Tanda-tanda Diare
Buah arbei mempunyai kandungan fitonutrien yang bisa membuat perlindungan badan pada penyakit seperti diare. Diluar itu, buah ini dapat dapat memperlancar pencernaan serta dapat menyembuhkan penyakit perut. Beberapa buah-buahan lain juga sangatlah baik untuk pencernaan seperti :

Tunda Sistem Penuaan
Buah arbei mempunyai kandungan anti-oksidan yang tinggi, jadi buah arbei dapat bersihkan badan secara mendalam hingga bisa tunda proses penuaan yang kerap dihadapi oleh tiap-tiap manusia. Bahkan juga suatu riset dari Harvard telah menunjukkan bahwa mereka yang konsumsi buah arbei, dapat memperlambat kehilangan memori sampai tiga th. lamanya.

Menjaga Kulit Wajah
Buah arbei, bisa dipakai untuk menjaga kulit karena buah ini mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Serta vitamin ini, dapat melembutkan kulit yang kering. Langkah mengolahnya cukup gampang :

Campur satu sendok teh mentega cair dengan sari buah arbei yang segar
Lalu, berikan kombinasi ini di wajah serta diamkan sepanjang 1/2 jam
Kemudian, cucilah muka dengan sabun serta tambahkan tonik wajah

Pemutih muka alami
Diluar itu, buah arbei juga dapat jadi pemutih untuk kulit yang kusam. Langkahnya juga cukup gampang :

Dengan membelah buah arbei jadi dua bagian
Selanjutnya, usapkan bagian dalam buah ke semua muka dan diamkan sepanjang malam
Kemudian, bersihkan muka saat pagi harinya dengan bersih
Banyak riset yang mengungkap bahwa buah arbei dapat menjaga kulit muka tetap sehat. Satu diantaranya ahli kosmetologis Juliana Yu MD H yang menurut beliau, buah yang kaya vitamin C seperti buah arbei ini punya potensi juga sebagai anti-oksidan yang bisa menolong menjaga keelastisan kulit.

Memperkuat Stamina Badan
Buah arbei mempunyai sumber mineral yang bisa menolong memulihkan stamina badan supaya tak lemas. Bahkan juga menurut beberapa pakar herbal, buah arbei dapat menjaga kesehatan darah dan ginjal, memperlancar urine, keluarkan dahak serta memperbaiki peredaran darah.

Melindungi Gigi serta Gusi Terus Sehat
Lantaran mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi buah arbei berguna juga untuk melindungi gigi serta gusi supaya terus sehat. Bahkan juga, kandungan manfaat kalsium dan fosfor pada arbei juga dipercaya berguna untuk kesehatan gigi serta gusi.

Advertisement
Description: Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan Tubuh, Rating: 4.5, Reviewer: DADANG HERDIANA, ItemReviewed: Manfaat Buah Arbei Untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis Oleh : DADANG HERDIANA
Hari: Kamis, April 02, 2015 Kategori: